PROPOSAL
BISNIS Usaha Jualan Roti Bakar
BANG HALIM
Usaha Jualan Roti Bakar
1.Profil Usaha
Seiring dengan perkembangan zaman dan lingkungan, maka orang sekarang
mulai berhati-hati dalam memilih dan memebeli sesuatu.Salah satu hal dimana orang
sangat hati-hati dan teliti sekali dalam memilih dan membeli adalah ketika manusia
membeli makanan.
Zaman dahulu orang membeli makanan hanya berpedoman pada rasanya yang
enak dan murah,ini terutama bagi kalangan masyarakat menengah kebawah, dua hal
ini lah yang menjadi prioritas utama dalam membeli makanan.Mereka tidak begitu
memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalam makanan yang
mereka beli.
Akan tetapi akhir-akhir ini kecenderungan masyarakat kita dalam membeli
makanan adalah memperhatikan rasa, gizi yang terkandung dalam makanan tersebut,
baru memikirkan harga.Oleh karena itu roti banyak menjadi pilihan manusia untuk
makanan ringan, dimana dari segi rasa, roti menawarkan cukup banyak rasa yang
ditawarkan dan enak, dari segi gizi juga memenuhi kebutuhan gizi manusia, dari segi
harga, roti mudah dijangkau semua kalangan masysrakat.
Dari fenomena diatas maka sangat cocok dan potensial bila kita mendirikan
uasaha jualan roti bakar, dimana dari segi rasa memenuhi konsumen yaitu enak, dari
seagi gizi roti bakar sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen karena
mengandung karbohidrat, protein dll.Dari segi harga roti bakar terbilang mudah
dijangkau oleh semua lapisan masyrakat.
2. Kebutuhan Modal Awal 2 Gerobag (Biaya Tetap)
-Membeli Tempat untuk jualan (Gerobag) :Rp.2.000.000,-
-Membeli Tempat untuk bakar roti (Wajan) :Rp. 300.000,-
-Membeli Kompor Buterfly :Rp. 200.000,-
-Membeli Dekelit 3 x 4 m :Rp. 150.000,-
-Membeli Tempat selai (Toples) 4 buah :Rp. 40.000,-
-Membeli Garpu roti :Rp. 15.000,-
-Membeli Pisau roti :Rp. 8.000,-
-Membeli Solet besar 4 biji :Rp. 16.000,-
-Membeli Solet Kecil 4 biji :Rp. 20.000,-
-Membeli parutan keju 2 buah :Rp. 9.000,-
-Membeli Tempat garpu,pisau,dll :Rp. 45.000,-
-Membuat Sticker dan daftar harga roti :Rp. 30.000,-+
Jumlah :Rp. 2.633.000,-
3. Kebutuhan Bulanan 2 Gerobag (Biaya Variabel)
-Membeli Selai strawberry 10 kg :Rp. 70.000,-
-Membeli Selai nanas 10 kg :Rp. 70.000,-
-Membeli Simas 12,5 kg :Rp.113.000,-
-Membeli cokelat ceres 12,5 kg :Rp.175.000,-
-Membeli kacang 4 kg :Rp. 56.000,-
-Membeli susu 36 kaleng :Rp.216.000,-
-Membeli keju10 biji :Rp.140.000,-
-Membeli pisang 1 tundun :Rp. 40.000,-
-Membeli plastic 3 pack :Rp. 12.000,-
-Membeli kertas roti 1 pack :Rp. 15.000,-+
Jumlah :Rp.907.000,-
4. Kebutuhan 2 hari sekali untuk 2 Gerobag ( Biaya Variabel)
-Membeli roti 40 biji :Rp.88.000,-
-Membeli minyak tanah 4 liter :Rp.10.000,-+
Jumlah :Rp.98.000,-
Maka selama 1 bulan biaya untuk beli roti dan minyak tanah
= Rp.98.000,- X 15 = Rp.1.470.000,-
Jadi jumlah total pengeluaran selama 1 bulan : Rp. 907.000,-
Rp1.470.000,-+
Jumlah (Total Biaya Variabel) : Rp.2.377.000,-
5. Estimasi
Diperkirakan setiap hari 1 gerobag mamapu menjual roti sebanyak 8 buah.
Maka selama 1 bulan roti yang terjual untuk 1 gerobag diperkirakan :
8 x 30 hari : 240 roti.
Karena kita punya 2 gerobag maka 1 bulan diperkirakan roti yang terjual :
240 x 2 : 480 roti.
Pendapatan kotor selama 1bulan (harga roti terendah) 480 x Rp.6.000,- =
Rp.2.880.000,-
Pendapatan bersih selama 1 bulan : Pendapatan kotor – Pengeluaran Biaya
keseluruhan
: Rp.2.880.000 - Rp.2.377.000
Pendapatan Bersih selama 1 Bulan : Rp.503.000,-
Pendapatan sebesar Rp.503.000,- tersebut adalah pendapatan dari harga jual roti
terendah, sedangkan kita mempunyai bermacam–macam harga roti sesuai dengan rasa
yang dinginkan ini dapat dilihat pada tabel daftar harga roti berikut ini :
ROTI BAKAR
“LEMBUR KURING”
Jl. Sawangan, Sanggrahan, Mungkid, Blabak
Contac : 081578967277
DAFTAR HARGA
Padahal dalam sehari roti yang terjual tidak selama nya index haraga yang terendah,
index harga roti yang terjual brevariasi sesuai dengan permintaan pembeli rasa apa
yang pembeli inginkan.Sehingga bukan tak mungkin pendapatan bersih kita selama 1
bulan bisa mencapai lebih dari Rp.503.000,-.
Rasa Harga
Nanas/Strawbery Rp. 6.000,-
Kombinasi Nanas/Strawbery + Kacang Rp. 6.500,-
Kombinasi Nanas/Strawbery + Pisang Rp. 6.500,-
Kombanisi Nanas/Strawbery + Coklat Rp. 7.000,-
Kombinasi Nanas/Strawbery + Keju Rp. 7.000,-
Coklat + Coklat Rp. 7.500,-
Kombinasi Coklat + Pisang Rp. 7.500,-
Kombinasi Coklat + Kacang Rp. 7.500,-
Pisang + Pisang Rp. 8.000,-
Kacang + Kacang Rp. 8.000,-
Kombinasi Kacang + Pisang Rp. 8.000,-
Kombinasi Keju + Pisang Rp. 8.500,-
Kombinasi Keju + Coklat Rp. 8.500,-
Kombinasi Keju + Kacang Rp. 8.500,-
Keju + Keju Rp. 9.000,-
Special Rp.10.000,-
6. ANALISIS TITIK IMPAS (BEP)
Dalam menghitung analisis titik impas ini kita terlebih dahulu menentukan
jumlah total investasi awal.
Investasi awal : Jumlah Biaya Tetap + Jumlah Biaya Toatal Variabel
: Rp.2.633.000,- + Rp.2.377.000,-
: Rp.5.010.000,-
Kemudian setelah diketahti jumlah total nilai investasi awal maka selanjutnya kita
menentukan pendapatan bersih setiap bulan nya .Disini kita menggunakan nilai
pendapatan bersih terendah setiap bulan yaitu Rp.503.000,-..
Maka titik balik modal kita (BEP) akan terjadi pada bulan ke :
=
Penadapa BersihPerBulan
InvestasiAwal
tan
=
−
−
.503.000,
.5.010.000,
Rp
Rp
= 9,9 bulan ~ 10 bulan.
Dari hasil diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa kita akan balik modal pada bulan
ke 10, jika pendapatan kita per bulan nya adalah Rp.503.000,-. Padahal penadapatan
tersebut terjadi jika selama satu bulan roti yang terjual adalah roti dengan harga
terendah yaitu Rp. 6.000,- sedangkan dalam setiap penjualan tentu roti yang terjual
adalah dengan harga yang bervariasi sesuai dengan daftar harga yang tertera.
Jadi bukan tidak mungkin kita akan balik modal lebih cepat dari 10 bulan.
7.Tenaga Kerja
Dalam bisnis jualan roti ini kita tidak memerlukan sumber daya manusia yang
ahli dan skill yang khusus seperti :sarjana dll, akan tetapi yang diperlukan adalah
orang yang mau bekerja secara tekun (telaten), sabar, kerja keras dan tidak gengsi
(karena ini merupakan pekerjaan remeh menurut pandangan masyarakat tertentu).
8.Lokasi
System jualan roti ini adalah dapat pemasukan bila ada pembeli (dalam bahasa
jawa adang-adang wong tuku) maka lokasi yang paling bagus adalah ditemapat yang
banyak dilalui orang (banyak orang yang melakukan aktifitas) seperti di depan tooko
(supermarket), di perempatan atau pertigaan jalan dll.
Untuk lokasi yang sudah kami dapatkan yaitu di depan rumah, lokasi cukup bagus
karena di pinggir jalan dan dekat toko perbelanjaan (ruko-ruko), dan satu lagi di
pinggir jalan raya magelang-jogja tepat nya di depan pabrik kertas blabak.
9.Pesaing
Untuk saat ini kami mempunyai satu pesaing.Pengaruh pesaing terhadap
jualan roti kami agak sedikit berpengruh karena pesaing sudah terlebih dahulu jualan
roti bakar dan juga tempat jualan nya agak strategis karena berada disebelah toko
supermarket, sehingga banyak orang yang melakukan aktifitas belanja ditempat
tersebut.
10.Strategi Pemasaran
Untuk saat ini kami dalam memasarkan produk roti kami hanya mengadalkan
promosi lewat orang (dari mulut ke mulut).
11.Faktor- factor yang mempengaruhi dalam jualan roti ini antara lain :
Cuaca
-Bila hujan turun maka orang malas keluar rumah sehingga pembeli tidak begitu
banyak (jarang)
-Bila cuaca terang maka orang banyak yang keluar sehingga target roti 1 hari
terjual 16 roti bisa terpenuhi bahkan bisa lebih dari taget.
Keadaan Ekonomi Masyarakat Sekitar
-Bila musim akhir bulan maka pembeli tidak begitu banyak (jarang), namun bila
awal bulan maka biasa nya pembeli ramai.
-Bila harga sembako naik walaupun hanya sedikit, kadang bisa mengurangi
pembeli.
Apabila factor-factor tersebut benar-benar mempengaruhi dalam jualan roti, kita
masih bisa mendapat untung sekitar Rp.± 300.000,- satu bulan.Hal ini sudah kami
buktikan.
Berbisnis itu sulit ? Mudah ? Semuanya kembali kepada Anda. Namun, dengan
perencanaan yang baik, maka segala hal bisa menjadi lebih mudah.
Selamat memulai usaha Anda.
BANG HALIM
Usaha Jualan Roti Bakar
1.Profil Usaha
Seiring dengan perkembangan zaman dan lingkungan, maka orang sekarang
mulai berhati-hati dalam memilih dan memebeli sesuatu.Salah satu hal dimana orang
sangat hati-hati dan teliti sekali dalam memilih dan membeli adalah ketika manusia
membeli makanan.
Zaman dahulu orang membeli makanan hanya berpedoman pada rasanya yang
enak dan murah,ini terutama bagi kalangan masyarakat menengah kebawah, dua hal
ini lah yang menjadi prioritas utama dalam membeli makanan.Mereka tidak begitu
memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalam makanan yang
mereka beli.
Akan tetapi akhir-akhir ini kecenderungan masyarakat kita dalam membeli
makanan adalah memperhatikan rasa, gizi yang terkandung dalam makanan tersebut,
baru memikirkan harga.Oleh karena itu roti banyak menjadi pilihan manusia untuk
makanan ringan, dimana dari segi rasa, roti menawarkan cukup banyak rasa yang
ditawarkan dan enak, dari segi gizi juga memenuhi kebutuhan gizi manusia, dari segi
harga, roti mudah dijangkau semua kalangan masysrakat.
Dari fenomena diatas maka sangat cocok dan potensial bila kita mendirikan
uasaha jualan roti bakar, dimana dari segi rasa memenuhi konsumen yaitu enak, dari
seagi gizi roti bakar sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen karena
mengandung karbohidrat, protein dll.Dari segi harga roti bakar terbilang mudah
dijangkau oleh semua lapisan masyrakat.
2. Kebutuhan Modal Awal 2 Gerobag (Biaya Tetap)
-Membeli Tempat untuk jualan (Gerobag) :Rp.2.000.000,-
-Membeli Tempat untuk bakar roti (Wajan) :Rp. 300.000,-
-Membeli Kompor Buterfly :Rp. 200.000,-
-Membeli Dekelit 3 x 4 m :Rp. 150.000,-
-Membeli Tempat selai (Toples) 4 buah :Rp. 40.000,-
-Membeli Garpu roti :Rp. 15.000,-
-Membeli Pisau roti :Rp. 8.000,-
-Membeli Solet besar 4 biji :Rp. 16.000,-
-Membeli Solet Kecil 4 biji :Rp. 20.000,-
-Membeli parutan keju 2 buah :Rp. 9.000,-
-Membeli Tempat garpu,pisau,dll :Rp. 45.000,-
-Membuat Sticker dan daftar harga roti :Rp. 30.000,-+
Jumlah :Rp. 2.633.000,-
3. Kebutuhan Bulanan 2 Gerobag (Biaya Variabel)
-Membeli Selai strawberry 10 kg :Rp. 70.000,-
-Membeli Selai nanas 10 kg :Rp. 70.000,-
-Membeli Simas 12,5 kg :Rp.113.000,-
-Membeli cokelat ceres 12,5 kg :Rp.175.000,-
-Membeli kacang 4 kg :Rp. 56.000,-
-Membeli susu 36 kaleng :Rp.216.000,-
-Membeli keju10 biji :Rp.140.000,-
-Membeli pisang 1 tundun :Rp. 40.000,-
-Membeli plastic 3 pack :Rp. 12.000,-
-Membeli kertas roti 1 pack :Rp. 15.000,-+
Jumlah :Rp.907.000,-
4. Kebutuhan 2 hari sekali untuk 2 Gerobag ( Biaya Variabel)
-Membeli roti 40 biji :Rp.88.000,-
-Membeli minyak tanah 4 liter :Rp.10.000,-+
Jumlah :Rp.98.000,-
Maka selama 1 bulan biaya untuk beli roti dan minyak tanah
= Rp.98.000,- X 15 = Rp.1.470.000,-
Jadi jumlah total pengeluaran selama 1 bulan : Rp. 907.000,-
Rp1.470.000,-+
Jumlah (Total Biaya Variabel) : Rp.2.377.000,-
5. Estimasi
Diperkirakan setiap hari 1 gerobag mamapu menjual roti sebanyak 8 buah.
Maka selama 1 bulan roti yang terjual untuk 1 gerobag diperkirakan :
8 x 30 hari : 240 roti.
Karena kita punya 2 gerobag maka 1 bulan diperkirakan roti yang terjual :
240 x 2 : 480 roti.
Pendapatan kotor selama 1bulan (harga roti terendah) 480 x Rp.6.000,- =
Rp.2.880.000,-
Pendapatan bersih selama 1 bulan : Pendapatan kotor – Pengeluaran Biaya
keseluruhan
: Rp.2.880.000 - Rp.2.377.000
Pendapatan Bersih selama 1 Bulan : Rp.503.000,-
Pendapatan sebesar Rp.503.000,- tersebut adalah pendapatan dari harga jual roti
terendah, sedangkan kita mempunyai bermacam–macam harga roti sesuai dengan rasa
yang dinginkan ini dapat dilihat pada tabel daftar harga roti berikut ini :
ROTI BAKAR
“LEMBUR KURING”
Jl. Sawangan, Sanggrahan, Mungkid, Blabak
Contac : 081578967277
DAFTAR HARGA
Padahal dalam sehari roti yang terjual tidak selama nya index haraga yang terendah,
index harga roti yang terjual brevariasi sesuai dengan permintaan pembeli rasa apa
yang pembeli inginkan.Sehingga bukan tak mungkin pendapatan bersih kita selama 1
bulan bisa mencapai lebih dari Rp.503.000,-.
Rasa Harga
Nanas/Strawbery Rp. 6.000,-
Kombinasi Nanas/Strawbery + Kacang Rp. 6.500,-
Kombinasi Nanas/Strawbery + Pisang Rp. 6.500,-
Kombanisi Nanas/Strawbery + Coklat Rp. 7.000,-
Kombinasi Nanas/Strawbery + Keju Rp. 7.000,-
Coklat + Coklat Rp. 7.500,-
Kombinasi Coklat + Pisang Rp. 7.500,-
Kombinasi Coklat + Kacang Rp. 7.500,-
Pisang + Pisang Rp. 8.000,-
Kacang + Kacang Rp. 8.000,-
Kombinasi Kacang + Pisang Rp. 8.000,-
Kombinasi Keju + Pisang Rp. 8.500,-
Kombinasi Keju + Coklat Rp. 8.500,-
Kombinasi Keju + Kacang Rp. 8.500,-
Keju + Keju Rp. 9.000,-
Special Rp.10.000,-
6. ANALISIS TITIK IMPAS (BEP)
Dalam menghitung analisis titik impas ini kita terlebih dahulu menentukan
jumlah total investasi awal.
Investasi awal : Jumlah Biaya Tetap + Jumlah Biaya Toatal Variabel
: Rp.2.633.000,- + Rp.2.377.000,-
: Rp.5.010.000,-
Kemudian setelah diketahti jumlah total nilai investasi awal maka selanjutnya kita
menentukan pendapatan bersih setiap bulan nya .Disini kita menggunakan nilai
pendapatan bersih terendah setiap bulan yaitu Rp.503.000,-..
Maka titik balik modal kita (BEP) akan terjadi pada bulan ke :
=
Penadapa BersihPerBulan
InvestasiAwal
tan
=
−
−
.503.000,
.5.010.000,
Rp
Rp
= 9,9 bulan ~ 10 bulan.
Dari hasil diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa kita akan balik modal pada bulan
ke 10, jika pendapatan kita per bulan nya adalah Rp.503.000,-. Padahal penadapatan
tersebut terjadi jika selama satu bulan roti yang terjual adalah roti dengan harga
terendah yaitu Rp. 6.000,- sedangkan dalam setiap penjualan tentu roti yang terjual
adalah dengan harga yang bervariasi sesuai dengan daftar harga yang tertera.
Jadi bukan tidak mungkin kita akan balik modal lebih cepat dari 10 bulan.
7.Tenaga Kerja
Dalam bisnis jualan roti ini kita tidak memerlukan sumber daya manusia yang
ahli dan skill yang khusus seperti :sarjana dll, akan tetapi yang diperlukan adalah
orang yang mau bekerja secara tekun (telaten), sabar, kerja keras dan tidak gengsi
(karena ini merupakan pekerjaan remeh menurut pandangan masyarakat tertentu).
8.Lokasi
System jualan roti ini adalah dapat pemasukan bila ada pembeli (dalam bahasa
jawa adang-adang wong tuku) maka lokasi yang paling bagus adalah ditemapat yang
banyak dilalui orang (banyak orang yang melakukan aktifitas) seperti di depan tooko
(supermarket), di perempatan atau pertigaan jalan dll.
Untuk lokasi yang sudah kami dapatkan yaitu di depan rumah, lokasi cukup bagus
karena di pinggir jalan dan dekat toko perbelanjaan (ruko-ruko), dan satu lagi di
pinggir jalan raya magelang-jogja tepat nya di depan pabrik kertas blabak.
9.Pesaing
Untuk saat ini kami mempunyai satu pesaing.Pengaruh pesaing terhadap
jualan roti kami agak sedikit berpengruh karena pesaing sudah terlebih dahulu jualan
roti bakar dan juga tempat jualan nya agak strategis karena berada disebelah toko
supermarket, sehingga banyak orang yang melakukan aktifitas belanja ditempat
tersebut.
10.Strategi Pemasaran
Untuk saat ini kami dalam memasarkan produk roti kami hanya mengadalkan
promosi lewat orang (dari mulut ke mulut).
11.Faktor- factor yang mempengaruhi dalam jualan roti ini antara lain :
Cuaca
-Bila hujan turun maka orang malas keluar rumah sehingga pembeli tidak begitu
banyak (jarang)
-Bila cuaca terang maka orang banyak yang keluar sehingga target roti 1 hari
terjual 16 roti bisa terpenuhi bahkan bisa lebih dari taget.
Keadaan Ekonomi Masyarakat Sekitar
-Bila musim akhir bulan maka pembeli tidak begitu banyak (jarang), namun bila
awal bulan maka biasa nya pembeli ramai.
-Bila harga sembako naik walaupun hanya sedikit, kadang bisa mengurangi
pembeli.
Apabila factor-factor tersebut benar-benar mempengaruhi dalam jualan roti, kita
masih bisa mendapat untung sekitar Rp.± 300.000,- satu bulan.Hal ini sudah kami
buktikan.
Berbisnis itu sulit ? Mudah ? Semuanya kembali kepada Anda. Namun, dengan
perencanaan yang baik, maka segala hal bisa menjadi lebih mudah.
Selamat memulai usaha Anda.
07:10 Angga Kuswara No comments
1.PENDAHULUAN
Di era global sekarang ini keadaan ekonomi di Indonesia memang sangat
memprihatinkan sejak krisis ekonomi yang melnda bangsa Indonesia membuat banyak
masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan pengangguran.Banyak kejehatan yang
terjadi dimana mana terlebih lebih di kota kota besar seperti Jakarta.banyak
para pengusaha yang bangkrut kemudia gulung tikar.Banyak para remaja yang putus
sekolah dan menjadi pengangguran.Sebagai warga Negara kreatif kita tidak boleh
putus asaataupun pantang menyerah pada keadaan sekarang ini yang serba sulit
kita harus berusaha,kreatif,inovatif dan berani mengambil suatu keputusanserta
resiko untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.kita tidak harus bergantung
pada orang lain.Untuk mendapatkan suatu pekerjaan kita harus berusaha
semaksimal mungkin.Salah satu usaha yang dilakukan untuk mengurangi
pengangguran yaitu dengan berwira usaha.Dengan kita berwira usaha kita bisa
belajar mandiri dan bisa memaknai arti penting kehidupan secara tidak langsung
kita sudah membantu banyak orang.
2. LATAR BELAKANG
Usaha ini berawal dari kecintaan saya terhadap makna
bakso.Setiap saya makan bakso rasanya cumc itu itu saja kemudian saya
berinsiatif untuk membuka warung bakso yang berbeda dengan warung warung bakso
lainnya.Setelah saya amati usahanini belum banyak dan jarang di temui di
lingkungan rumah saya.Dari informasi-informasi yang saya peroleh dan menurut
pandangan saya usaha ini akan mencapai kesikseasan dan maju.Dalam mendirikan
usaha ini saya juga meringankan biaya-biaya yangakan saya butuhkan dan dalam
usaha ini saya belum membuthkan tenaga kerja karyawan.Untuk dapat mengatasi
segala rintangan yang kami hadapi.Dalam menjalankan usaha ini membuthukan
kemantapan dan keuletan dalam menjalankanya.Saya juga akan bersungguh-sungguh
dalam mengelola warung ini sebaik mungkinBegitu besarnya biaya usaha yang
dibutuhkan,saya tidak akan main-main dalam usaha ini.
3 .PROSPEK USAHA
Usaha mendrikan warung bakso ini diperlukan dana kira-kira Rp.2.000.000
untuk keperluan membeli peralatan-peralatan yang diperlukan
seperti:meja,kompor,tikar,peralatan makan dll.Dari tersebut kami sudah
mempunyai sebagian besar oleh karena itu diperkirakan uang sebanyak
Rp.2.000.000
Adapun biaya yang kami keluarkan adalah sebagai berikut:
~ Modal tetap :
1.meja panjang 3
buah+tikar Rp 250.000,00
2.alat
dapur+makan Rp 300.000,00
3.kompor Rp 80.000,00
4.sewa tempat 1
th Rp
1.200.000,00 +
Jumlah Rp.
1.830.000,00
~ Modal lancar perhari :
1.daging
sapi Rp 40.000,00
2.mie Rp 10.000,00
3.bumbu-bumbu+sayuran Rp 20.000,00
4.tepung Rp 5.000,00
5.pangsit+tahu Rp 10.000,00
6.saos,kecap+sambal Rp 10.000,00
7bahan
minuman Rp 20.000,00 +
Jumlah Rp 115.000,00 +
Total modal Rp.
1.945.000,00
~ Perolehan tiap hari :
Dalam usaha ini saya magajak kakak dan orang tua saya untuk membantu
mendirikan warung bakso serta hal-hal yang perlu disiapkan untuk melayani
pembeli dengan baik.Kami juga menyediakan menu makanan yang lain seperti:
> Bakso Bakar
> Sate Bakso
> Bakso Ikan
Sarta menyediakan aneka minuman seperti:
> Es
Jeruk >
Es sumsum
> Es
Teh >
Es Buah
> Es
Kopyor >
Dan Cemilan
> Es Soda
4. ESTIMASI KEUNTUNGAN
1.Jumlah
rata-rata pembelian perhari adalah 15 konsumen
2.Nilai
jual rata-rata 1 hari = Rp 5.000
Rp
5.000
x167 =
Rp. 85.000
Rp
4.500
x17 = Rp.
76.000 +
Pendapatan
kotor Rp.
161.000
Pendapatan perbulan Rp 161.000 x
30 = Rp 4.830.000
Biaya
perbulan Rp
115.000 x 30 = Rp 3.450.000
Pendapatan Rp.
4.830.000
Biaya Rp.
3.450.000 -
Pendapatan
bersih Rp1.380.000
Perhitungan balik modal
Total
modal = Rp
1.945.000 = 1,4 tahun
Laba bersih Rp1.380.000
5.FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENGDUKUNG
Setip
usaha yang dijalankan setiap waktu pasti ada yang sukses dan ada yang belum
sukses seperti halnya usaha ini ada beberapa faktor yang menurut saya sangat
mendukung serta menghambat dalam menjalankannya serta mangembangkan usaha
ini.Di bawah ini adalah faktor-faktor yang pendukung dan penghambat :
Faktor-faktor yang mendukung itu antara lain :
1.Lokasi ini yang mudah dicari dan Strategis
2.Usaha ini masih langka /jarang dilokasi lingkungan rumah saya ,sehingga
pesaingnya
masih jarang
dan dengan mudah untuk mendapatkan pelanggan yang banyak.
3.harganya tidak begitu mahal dikalangan masyrakat menengah kebawah
4.Dilingkungan rumah saya banyak warga yan sibuk bekerja sehingga tidak
sempat untuk memesak kemungkinan besar mereka akan jajan.
* Selam faktoryang mendukung seperti yang disebutkan diatas ada juga faktor
yang menghambat:
* Faktor-faktor tersebut adalah :
1.Keterbatasan dana yang kami miliki dalam membagi dana belanja.
2.Kenaiakn harga bahan baku yang tidak stabil harganya.
3.Kadang ada bakso yang tidak laku terjual akan membuat usaha kami menjadi
merugi.
4.Kadang sulit untuk mendapatkan daging sapi yang segar dan berkualitas
baik.
Solusi agar dapat memecahkan masalah dalam factor penghambat dalam usaha
yang akan kami dirikan:
1.Dengan keterbatasan dana belanja kita harus berhati-hati dalam
mengeluarkan uang
2.Karena kenaiakn bahan baku yang tidak stabil pada saat harganya murah
kita akan membeli barang yang lebih banyak.
3.Untuk mengatasi bakso yang masih sisa kita akan membuatnya menjadi kripik
bakso.
4.Dalam mengatasi kesulitan mencari daging kita akan berlanggan dengan
pemasok daging yang berkualitas.
6 .LAY OUT BENGKEL
Jl.Jogja-Solo.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jl.kewedi
|
U
7. STRUKTUR ORGANISASI
|
|
|
|
8. ATISIPASI MASA DEPAN
Sebagai
seorang wirausahawan saya akan menekuni usaha ini dan saya berinsiatif untuk
membuat aneka bakso misalnya bakso kurcaci,Bakso gelas ,mie bakso dll.Kami akan
berusaha untuk memajukan dan mengembangkan usaha ini dan menurut saya usaha
warung bakso ini dapat memberikan penghasilan yang cukup untuk kebutuhan
sehari-hari.Kami dan tentunya usaha ini akan menjamin masa depan kami
9. KESIMPULAN
Menurut
pandangan saya usaha ini akan berkembang dan mencapai kesuksesan.Meskipun zaman
sekarang ini banyak warung makan yang mewah tetapi saya sangat optimis bahwa
usaha ini akan berkembang dan memberi harapan yang sangat menjanjiakan.Saya
akan berusaha dengan kemampuan yang saya miliki agar usaha ini dapat berjalan
lancar untuk melaksanakan ussaha ini dengan tidak pantang menyerah dengan
segala kendala dan rintangan yang mungkin terjadi setiap saat Saya juga
berkeyakinan.Untuk mengatasi segala rintangan yang kami hadapi.Dalam
menjalankan usaha ini membutuhkan kemantapan dan keuletan dalam
menjalankannya.Saya juga akan bersungguh-sungguh dalam mengelola warung ini
sebaik mungkin.Begitu besarnya biaya usaha yang dibutuhkan,saya tidak akan
main-main dalam usaha ini.
03:46 Angga Kuswara No comments
A.Pendahuluan
Latar belakang
Pada saat ini banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simpel dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk memesan makanan daripada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Dari pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat bisnis katering makanan.
Dalam memulai usaha dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan bagaimanan menggaet order.. Bagaimana peluang pasar yang hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh order tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah persiapkan mental dan keberanian memulai. Singkirkan hambatan psikologis rasa malu, takut gagal dan perang batin antara berkeinginan dan keraguan. Jangan lupa harus siap menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi. Semakin besar untungnya maka resikonya pun semakin besar. Yang terpenting adalah berani mencoba dan memulai. Lebih baik mencoba tetapi gagal daripada gagal mencoba.
A. Aspek manajemen
Bisnis ini dimiliki bersama dengan sistem bagi modal
Bisnis ini dikelola secara bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing, misalkan dari 5 orang
3 orang bertugas membuat masakan dan penyajiannya
2 orang bertugas mencari bahan masakan, mengantar pesanan dan melakukan perekrutan tenaga kerja apabila membutuhkan.
B. Aspek Pemasaran
a) Target Pasar
yang merupakan kunci penting untuk diperhatikan. Sudah menjadi kelaziman bahwa usaha katering bekerja berdasarkan pesanan. Kegiatan produksi dimulai apabila telah pesanan telah diterima. Maka, tanpa pesanan, kegiatan produksi perusahaan katering tidak bekerja. Yang bekerja sepanjang tahun atau selama bisnis itu hidup adalah pemasaran, keuangan dan administrasi.
Target pasar adalah seluruh kalangan masyarakat yang ingin berefisien waktu dan tenaga.
Pesaing kita dari perusahaan katering lainnya
b) Konsep pemasaran
terdiri dari 4 elemen (Price+Place+Promotion). UNTUK PRODUK, Anda mesti mensurvai para pesaing-pesaing Anda. Misalnya saja, menentukan apa, 10 menu terpopuler untuk katering di tempat anda. Nah, khusus, ke 10 menu itu, Anda mutlak menguasainya. Langkah berikutnya, bertanya kepada diri kita sendiri untuk maju selangkah lebih maju. Misalnya, dengan melakukan inovasi. Mampukah kita menciptakan hal-hal yang baru dengan 10 menu populer itu. Contoh, bagaimana caranya membuat nasi goreng kita beda dan terlihat lebih unik serta kalau bisa catering murah.
c) Produk dan penetapan Harga
Untuk menetapkan harga kita perlu melakukan riset dan membandingkannya dengan strategi harga Anda. Tidak jarang harga kita terlalu mahal karena sistem produksi yang salah dan tidak efektif. Anda perlu misalnya mencari suplier yang mampu mensuplai bahan baku dengan harga yang benar-benar murah, sehingga bisa menghasilkan katering murah. Atau Anda menggunakan kompor yang boros. Bahkan bisa saja komponenen menu Anda yang salah. Di sini Anda perlu melakukan percobaan berkali-kali sampai menemukan formula yang pas dan bisa bersaing dengan catering murah lainnya.
C0NTOH DAFTAR MENU NASI KOTAK
NASI KUNING
Nasi kuning
Mie
Kering tempe
Ayam goreng
Perkedel
Krupuk udang
Rp. 7.500,-
NASI PUTIH/URAP
Nasi Putih
Urap – urap
Trancaman
Ayam bumbu rujak
Rempeyek
Rp. 7.500,-
Dan lain-lain tergantung makanan yang dipesan
Berbagai masakan yang disesuaikan dengan pesanan
d) Distribusi dan Promosi
Bisnis katering adalah bisnis kepercayaan dan “rasa”. Untuk membuka pasar kita bisa memulai dari acara-acara hajatan keluarga sendiri yang kita kelola sendiri kateringnya dan di setiap meja penyajian kita tempelkan nama katering kita sebagai tanda pengenal dan promosi. Akan lebih baik jika kita sudah menyediakan brosur dan kartu nama. Jika kita bisa mengelola pelayanan katering di hajatan keluarga dengan baik maka semua kenalan dan relasi akan mengetahui kemampuan kita. Untuk mengetahui kualitas dan nikmatnya masakan kita bisa memulai dengan memasak dan menyajikan berbagai menu dalam setiap acara arisan keluarga, RT atau perkumpulan yang kita ikuti dan dengarkan dna minta komentar tamu kita. Dari sini kepercayaan kepada anda akan muncul dan akan tersebar dari mulut ke mulut ini terkadang lebih efektif dibandingkan kita menyebar brosur dan beriklan tanpa pernah kita menunjukkan kemampuan kita di sebuah acara. Dalam bisnis yang utama dalah kesinambungan order maka untuk memperoleh order konsep pemasaran yang lebih komprehensif perlu difikirkan. Penawaran door to door di instansi-instansi pemerintah juga bisa dilakukan. Di awal Anda membuka usaha, buatlah promosi. Salah satu caranya adalah dengan menawarkan harga miring untuk setiap pemesanan dan Jangan pelit/segan memberikan sample masakan/mengundang makan orang-orang yang memiliki kuasa untuk mengambil keputusan di sebuah perusahaan/intansi..
C. Aspek Operasional
Masalah-masalah teknis yang menyangkut seluk beluk pekerjaan perlu dipersiapkan rapi. Mulai menghitung kemampuan diri, keterampilan yang dimiliki yang menyangkut bidang pekerjaan itu. Misalnya untuk usaha katering, paling tidak yang dibutuhkan adalah mengerti tentang masakan--syukur-syukur bila Anda pandai memasak, dan lebih baik lagi bila Anda adalah seorang ahli memasak. Untuk menjadi pengusaha katering tidak harus menjadi ahli masak dulu, tapi yang terpenting adalah mampu mengelola usaha itu, sementara untuk tenaga ahli yang bisa memasak, Anda bisa melakukan prekrutan.
Telah di jabarkan di atas bahwa katering ini dikelola bersama-sama dan tiap orang punya tugas masing-masing
Cara penjaminan mutu dengan cara kita hanya akan berproduksi setelah mendapatkan pesanan jadi masakan dijamin masih segar.
Lokasi bisnis ini di jalankan ditempat keramaian. Misalnya di kantor-kantor, dekat dengan lembaga pendidikan dan mudah dijangkau semua orang.
D. Kiat-Kiat Pengelolaan Usaha Katering
Apa yang menjadi kunci sukses bisnis katering ini?
Punya Visi
Sederhana sebenarnya. Setiap orang yang ingin menjadi pengusaha apa pun jenisnya, perlu memiliki visi. Tidak usah muluk-muluk. Tapi mutlak ada. Ingatlah, bisnis itu mirip dengan bayi. Sekali saja ia dilahirkan maka tanggung jawab kitalah untuk mendidik dan membesarkannya hingga dewasa. Tidak bisa asal saja. Dan kalau sudah tidak suka dan banyak problem lalu main ditinggal saja. Bayi perlu persiapan yang banyak. Harus ada cinta dan kasih misalnya. Bisnis juga demikian. Itu sebabnya bisnis yang langgeng seringkali datang dari hobi kita sehari-hari. Karena hobi, dan sesuatu yang kita sukai, semangat dan minat kita akan selalu besar. Ini faktor yang penting sekali.
Rencana Matang
Rencana usaha diperlukan untuk perlindungan bisnis kita. Kita perlu memiliki wawasan yang luas, dan tiap masalah minimal telah kita periksa. Misalnya dalam paket catering pernikahan atau katering ulang tahun masalahnya apa saja. Mulai dari masalah produksi, staf, produknya (menu), pemasaran, logistik ,dan promosi, semuanya harus masuk "check-list". Hal ini untuk menghindarkan situasi yang "chaos"(tumpang-tindih, RED), dan manajemen tambal sulam di masa mendatang. Anda tidak perlu membuat rencana kerja setebal 100 halaman misalnya, tapi cukup 2 halaman saja. Namun segala aspek dari bisnis katering telah Anda pikirkan.
E. Aspek Keuangan
Pada aspek keuangan ini, bisnis kami mendapat modal dari bagi modal yang terdiri dari 5 orang, per orangnya mengeluarkan modal Rp 1.000.000,00. Jadi Modal awal kita sebesar Rp 5.000.000,00. Berikut ini kita tampilkan proyeksi keuangan kita dalam 1 bulan.
Proyeksi Keuangan 1 bulan
1. Kas Rp 5.000.000,00
Modal Rp 5.000.000,00
(Setoran untuk modal awal)
2. Perlengkapan Rp 1.000.000,00
Kas Rp 1.000.000,00
(Pembelian Perlengkapan)
3. Peralatan Rp 500.000,00
Kas Rp 500.000,00
(Pembelian Peralatan)
Proyeksi Penjualan dalam 1 bulan
Minimal mendapat 4 kali pesanan
2 x Partai Besar (Minimal 200 Porsi @ Rp 7.500,00)
2 x (200 Porsi x Rp 7.500,00) = Rp 3.000.000,00
2 x Partai Kecil (Minimal 50 Porsi @ Rp 8.000,00)
2 x (50 Porsi x Rp 8.000,00) = Rp 800.000,00 +
Perkiraan Pendapatan minimal 1 bulan Rp 3.800.000,00
Jurnal Transaksi dalam 1 bulan
1. Biaya Angkut (4 @ Rp 50.000,00) Rp 200.000,00
Kas Rp 200.000,00
2. Biaya Tenaga Kerja (5 orang @ Rp 50.000,00 x 4 Pesanan)
Biaya Tenaga Kerja Rp 1.000.000,00
Kas Rp 1.000.000 ,00
3. Biaya Bahan Baku(@ Rp 4.000,00).
Rp 4.000,00 x 500 Porsi = Rp 2.000.000,00
Biaya Bahan Baku Rp 2.000.000,00
Kas Rp 2.000.000,00
Laporan Laba /Rugi dalam 1 Bulan
Pendapatan
Porsi Besar 2 x(200 Porsi x Rp 7.500,00) =Rp 3.000.000,00
Porsi Kecil 2 x (50 Porsi x Rp 8.000,00) =Rp 800.000,00 +
Rp 3.800.000,00
Biaya-biaya
Biaya Angkut Rp 200.000,00
Biaya Tenaga Kerja Rp 1.000.000,00
Biaya Bahan Baku Rp 2.000.000,00 +
Rp 3.200.000,00 +
Laba Rp 600.000,00
06:15 Angga Kuswara No comments
PENDAHULUAN
A. Dasar Gagasan Membuka Bisnis Kacang Telur Pedas Manis
Vegetarian
kini tampaknya menjadi kata yang semakin populer di dunia termasuk di Indonesia. Di kota-kota besar dunia, restoran
vegetarian sudah menjadi pilihan yang cukup mudah dicari. Di Indonesia pun
restoran-restoran vegetarian meski belum banyak, mulai bermunculan di kota-kota
besar. Vegetarian juga merupakan salah satu pilihan menu yang
ditawarkan oleh maskapai penerbangan internasional. Aliran vegetarian atau vegetarianisme
merupakan suatu aliran dimana penganutnya tidak mengkonsumsi produk-produk
hewani dan turunannya, hanya membatasi diri pada produk-produk nabati.
Sebagian orang beralih ke vegetarian karena alasan kesehatan, gaya hidup,
tak biasa makan daging, atau latar belakang religi. Menjadi vegetarian tubuh
terasa lebih sehat. tidak mudah capek, dan tidak mudah sakit. Karena alasan
itulah maka kami ingin mendirikan suatu makanan kecil yaitu "KACANG TELUR
PEDAS MANIS" yang belum ada di kalangan vegetarian
Restoran yang menyajikan makanan kecil seperti snack
masih jarang, terutama di kalangan vegetarian. Restoran yang khusus makanan kecil juga
langka. Tetapi, tidak ada yang spesifik menyajikan menu seperti layaknya
"KACANG TELUR PEDAS MANIS" maka dari pada itu disamping itu saya akan
membuka restoran "KACANG TELUR PEDAS MANIS".
PROPOSAL USAHA
"KACANG TELUR PEDAS MANIS"
I. LATAR BELAKANG
Kacang tanah adalah tanaman yang mudah tumbuh disekitar kita, mempunyai
protein tinggi dan kaya akan Omaga, untuk itu saya akan menciptakan sebuah
makanan yang di gemari masyarakat dalam rangka meningkatkan gizi masyarakat
dengan harga murah dan terjangkau oleh kalangan masyarakat menengah kebawah.
Kacang tanah adalah suata makanan kecil ataupun camilan yang
digemari banyak masyarakat, meskipun kacang tanah sudah mulai tidak ditemui
atua dijumpai disekitar kita tapi saya akan mencoba memproduksi dan
meningkatkan kualitas produk saya.
Di samping itu banyak pengusaha yang bersaing dalam bisnis makanan. Yang
bersaingnya dengan akal sehat, saya akan meningkatkan nilai jual kacang tanah
tersebut dengan cara memberikan sentuhan rasa yang lebih moderen dan menarik
pembeli.
Kacang tanah juga bisa menyehatkan bagi jantung manusia. Misi saya untuk
membuat produk "KACANG TELUR PEDAS MANIS" adalah sebagai camilan
masyarakat indonesia yang menyehatkan bagi masyarakat indonesia pada umumnya.
II. KEUNGGULAN DAN FUNGSI PRODOK
v KEUNGGULAN " KACANG TRLUR PEDAS
MANIS"
1. Disukai oleh kalangan masyarakat.
2. Aman bagi kesehatan.
3. Harganya terjangkau.
4. Sebagai camilan dengan keluarga.
5. Tidak Mengandung zat-zat yang berbahaya.
v FUNGSI PRODUK
1. Sebagai oleh-oleh sanak saudara, kerabat
ataupun rekan kerja.
2. Sebagai camilan dimanapun dengan
siapapun.
3. Siap dinikmat dalam cuaca apapun.
4. Mudah dibawa kemana-mana.
III. BAHAN – BAHAN
No.
|
NAMA BAHAN
|
SPESIFIKASI
|
SATUAN
|
JUMLAH
|
HARGA
|
1
|
Kacang Tanah
|
-
|
Kg
|
2,5 Kg
|
35.000
|
2
|
Plastik Pengemas
|
-
|
Rol
|
1 Rol
|
3.000
|
3
|
Tepung Teligu
|
Segitiga Biru
|
Kg
|
1,5 Kg
|
10.500
|
4
|
Tepung Tapioka
|
Raus Brend
|
Kg
|
1 Kg
|
6.500
|
5
|
Gula Halus
|
-
|
Kg
|
3 Ons
|
3.500
|
6
|
Penyedap Rasa
|
Roiko
|
Buah / Saset
|
3 Bungkus
|
1.500
|
7
|
Minyak Goreng
|
Bimoli
|
Kg
|
2 Kg
|
20.000
|
8
|
Cabe Bubuk
|
-
|
Gram
|
0,5 Ons
|
3.000
|
9
|
Garam
|
NG
|
Gram
|
50 Gram
|
200
|
10
|
Bawang Putih
|
-
|
Kg
|
1/4 Kg
|
4.000
|
11
|
Telur
|
-
|
Kg
|
1/4 Kg
|
3.000
|
IV. FASILITAS PERALATAN
No.
|
NAMA ALAT
|
SPESIFIKASI
|
SATUAN
|
JUMLAH
|
PEMILIK
|
1
|
Wajan
|
Anti Gores
|
Buah
|
1
|
Sendiri
|
2
|
Sutil
|
Almunium
|
Buah
|
1
|
Sendiri
|
3
|
Serok
|
Almunium
|
Buah
|
1
|
Sendiri
|
4
|
Ember
|
Anti Pecah
|
Buah
|
1
|
Sendiri
|
5
|
Kompor Gas
|
-
|
Buah
|
1
|
Sendiri
|
6
|
LPJ
|
Tabung
|
Buah
|
1
|
Beli pertamina
|
V. PROSES PRODUKSI (SISTEM KERJA)
v Kacang tanah dibersihkan terlebih dahulu.
v Aduk telur, gula, penyedap rasa dan
bumbu sampai kental.
v Kemudian kacang dituangi adonan tadi
sedikit demi sedikit setelah itu dicampur dengan tepung teligu + tepung tapioka
sampai 3x pencampuran supaya tepungnya agak tebal.
v Kemudian didiamkan selama 2 jam agar
kadar airnya berkurang.
v Setelah itu baru digoreng dalam minyak
yang panas.
v Setelah dingin siap untuk dikemas.
RENCANA ANGGARAN
1. BIAYA BAHAN
No.
|
NAMA BAHAN
|
SPESIFIKASI
|
SATUAN
|
JUMLAH
|
HARGA
|
1
|
Kacang Tanah
|
-
|
Kg
|
2,5 Kg
|
35.000
|
2
|
Plastik Pengemas
|
-
|
Rol
|
1 Rol
|
3.000
|
3
|
Tepung Teligu
|
Segitiga Biru
|
Kg
|
1,5 Kg
|
10.500
|
4
|
Tepung Tapioka
|
Raus Brend
|
Kg
|
1 Kg
|
6.500
|
5
|
Gula Halus
|
-
|
Kg
|
3 Ons
|
3.500
|
6
|
Penyedap Rasa
|
Roiko
|
Buah / Saset
|
3 Bungkus
|
1.500
|
7
|
Minyak Goreng
|
Bimoli
|
Kg
|
2 Kg
|
20.000
|
8
|
Cabe Bubuk
|
-
|
Gram
|
0,5 Ons
|
3.000
|
9
|
Garam
|
NG
|
Gram
|
50 Gram
|
200
|
10
|
Bawang Putih
|
-
|
Kg
|
1/4 Kg
|
4.000
|
11
|
Telur
|
-
|
Kg
|
1/4 Kg
|
3.000
|
Jumlah Biaya Bahan
|
Rp.90.200
|
2. BIAYA TENAGA KERJA
1 Orang tenaga
kerja Rp.10.000
3. BIAYA LAIN-LAIN
Gas
LPJ Rp.13.000
v Jumlah
buaya Rp.113.200
Biaya produksi perbungkus :
113.200
: 50 = Rp.2.264
v Keuntungan yang diingankan
Perbungkus =
Rp.246
Harga jual
perbungkus =
Rp.2.500
v Laba untuk 50 bungkus
246 X
50 = Rp.12.300
v Laba perhari
246
X 50 =
Rp.12.300
v Laba perminggu
12.300 X 7 = Rp.86.100
v Laba perbulan
86.100 X 4 = Rp.344.4
VI. SASARAN PASAR
v Kantin Sekolahan
v Toko-toko Kecil
v Sualayan
v Tukang Sayur
VII. JADUAL PELAKSANAAN
No.
|
KEGIATAN
|
JANUARI
|
FEBRUARI
|
MARET
|
|||||||||
1
|
Rancangan Kerja Penyusunan Proposal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
Gambar Kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Proses Produksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Laporan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Presentasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Ujian Sekolah dan Nasional
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
VIII. PENUTUP
Kesimpulan dari uraian diatas dapat saya simpulkan bahwa "KACANG TELUR
PEDAS MANIS" mempunyai rasa yang enak dan pembuatannya sangat sederhana
mempunyai kandungan nilai gizi yang tinggi dan kaya akan kesehatan manusia.
Bagi anda yang ingin merasakan betapa
nikmat dan lezatnya "KACANG TELUR PEDAS MANIS" ini anda akan bisa
membuatnya sendiri dengan membaca proposal ini.
Demikian proposal ini saya buat apabila
ada yang kurang dalam kata-kata mohon kritik dan sarannya dan mohon maaf
sebesar-besarnya akhir kata Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
0 komentar:
Posting Komentar