Pages

Kamis, 20 September 2012

PERPUS 1


-->
VN:F [1.9.18_1163]
Rating: 3.9/5 (13 votes cast)
Klasifikasi Desimal Dewey (Dewey Decimal Classification (DDC), juga disebut Sistem Desimal Dewey) adalah sebuah sistem klasifikasi perpustakaan yang diciptakan oleh Melvil Dewey (1851–1931) pada tahun 1876, dan sejak saat itu telah banyak dimodifikasi dan dikembangkan dalam duapuluh dua kali revisi yang telah terjadi hingga tahun 2004.
Klasifikasi Dewey muncul pada sisi buku-buku koleksi perpustakaan. Klasifikasi dilakukan berdasarkan subjek, kecuali untuk karya umum dan fiksi. Kodenya ditulis atau dicetakkan ke sebuah stiker yang dilekatkan ke sisi buku atau koleksi perpustakaan tersebut. Bentuk kodenya harus lebih dari tiga digit; setelah digit ketiga akan ada sebuah tanda titik sebelum diteruskan angka berikutnya.
Contoh kode:
330.94 = ekonomi Eropa, di mana 330 adalah kode untuk ekonomi dan 94 untuk Eropa
Ada sepuluh kelas utama dalam klasifikasi Dewey. Sepuluh kelas tersebut dibagi lagi kepada 10 bagian; yang lalu bisa dibagi lagi kepada 10 bagian.
Sepuluh kelas utama tersebut adalah:
Sedangkan untuk kolesi pustaka Islam menggunakan notasi 2x yang merupakan pejabaran dari notasi 297 pada notasi DDC. Berikut adalah sepuluh kelas utamanya:
2 X 0 Islam (Umum)
2 X 1 Al-Quran dan Ilmu Terkait
2 X 2 Hadis dan Ilmu Terkait
2 X 3 Aqaid dan Ilmu Kalam
2 X 4 Fiqh
2 X 5 Akhlak dan Tasawuf
2 X 6 Sosial dan Budaya
2 X 7 Filsafat da Perkembangannya
2 X 8 Aliran dan Sekte
2 X 9 Sejarah, Islam dan Modernisasi
Pengelompokan Buku Berdasarkan Klasifikasi Desimal Dewey (DDC), 3.9 out of 5 based on 13 ratings

Artikel Menarik Lainnya:

Anda sedang membaca artikel yang berjudul Pengelompokan Buku Berdasarkan Klasifikasi Desimal Dewey (DDC) dengan Kategori Artikel Perpustakaan. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopynya jika artikel ini sangat bermanfaat bagi tema-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Pengelompokan Buku Berdasarkan Klasifikasi Desimal Dewey (DDC) sebagai sumbernya
FATKHUR RIF'AN

0 komentar:

Posting Komentar