Pages

Sabtu, 02 Juni 2012

BTBI


MAKALAH
TELAAH KURIKULUM DAN BTBI
MAN PASURUAN KELAS XI

STKIP

  

  

Disusun Oleh :
PBSI 2009-D

.    FATKHUR RIFAN                           (09188201180)


SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
STKIP PGRI PASURUAN
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
TAHUN 2012
KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya.
Ucapan terimakasih tak lupa penulis persembahkan kepada :
1.   Drs. SUNARDI, M.Pd. selaku dosen pembimbing mata kuliah Telaah kurikulum dan BTBI  yang senantiasa memberikan saran serta dorongan untuk terselesaikannya makalah ini
2.   Teman-teman mahasiswa yang turut serta menyelesaikan makalah ini.
Penulis mohon maaf apabila terdapat ketidaksempurnaan dalam penyusunan makalah ini. Maka dari itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan penyusunan makalah berikutnya. Semoga makalah ini dapat meningkatkan pengetahuan pembaca tentang. Telaah kurikulum dan BTBI





  Pasuruan, maret 2012


Penulis


DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR………………………………………..………………………………………………..……………...i
DAFTAR ISI………………………………………………………..…………………………………………………………ii
BAB I  : PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang…………………………………………………..………………………………………………………1
1.2 Rumusan Masalah………………………………………………..…………………………………………………..….1
1.3 Tujuan……………………………………………………………..………………………………………………..……2
BAB II : PEMBAHASAN
2.1 deskripsi materi……………………………………………………..……………………………………………….…..6
2.2 Analisis data silabus………………………………………………..……………………………………………………8
2.3 lampiran silabus ……………………………………………………..…………………………………………………14
BAB III : PENUTUP
3.1 Kesimpulan …………………………………………………………..………………………………………………...17
3.2 Saran ……………………………………………………………………..………………………………………..…..18
BAB IV DAFTAR PUSTAKA .......................................... ……………………..……………………………….................19



BAB I
PENDAHULUAN
4.1  Latar belakang
Kurikulum secara sederhana dapat diartikan Serangkaian acuan yang berisikan rencana, strategi, metode , Tujuan , isi dan bahan belajar yang dijadikan pedoman dalam penyelenggaran pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan.
Fungsi kurikulum adalah memberikan pedoman pada pelaksana pendidikan untuk merencanakan dan mengevaluasi kegiatan pendidikan sesuai dengan yang telah direncanakan dengan memperoleh hasil yang optimal
4.2  Rumusan masalah
1.      Apa yang anada ketahui tentang  Telaah kurikulum ?
2.      Tolong analisis silabus yang telah dipilih?
3.      Berikan bukti silabus yang telah dianalisis?

4.3  Tujuan
Ø Mengetahui tentang  Telaah kurikulum
Ø Mengetahui dan dapat menganalisis silabus yang telah dipilih
Ø Mengetahui silabus MTs kelas VIII








BAB II
PEMBAHASAN
2.1 deskripsi data
Kurikulum secara sederhana dapat diartikan Serangkaian acuan yang berisikan rencana, strategi, metode , Tujuan , isi dan bahan belajar yang dijadikan pedoman dalam penyelenggaran pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan.
Fungsi kurikulum adalah memberikan pedoman pada pelaksana pendidikan untuk merencanakan dan mengevaluasi kegiatan pendidikan sesuai dengan yang telah direncanakan dengan memperoleh hasil yang optimal.

Jenis - Jenis Kurikulum
1. Kurikulum Formal
merupakan semua kegiatan yang direncanakan secara formal di sekolah.
Unsur yang terkandung dalam kurikulum
a. Tujuan Pembelajaran
b. Bahan Pembelajaran
c. Strategi Pembelajaran
d. Evaluasi
Unsur unsur tersebut harus didasarkan pada prinsip pengembangan kurikulum dan acuan penyusunan kurikulum

2. Kurikulum Informal
terdiri atas kegiatan-kegiatan yang direncanakan akan tetapi tidak berkaitan langsung dengan pelajaran akademis dan kelas tertentu (dipandang sebagai pelengkap kurikulum.
contoh : pertunjukan teater (sandiwara) , pertandingan antar kelas / sekolah, perkumpulan berbagai hobi. dll.

3. Kurikulum Tersembunyi (Hidden Kurikulum)
Yaitu berupa aturan - aturan yang tidak tertulis di kalangan siswa. misalnya aktif dalam pembelajaran, harus kompak terhadap guru, adat kebiasaan (culture) yang turut mempengaruhi suasana pembelajaran di sekolah.

Azas Pengembangan Kurikulum

1. Falsafah bangsa, masyarakat, sekolah dan guru-guru
2. Harapan dan kebutuhan masyarakat (Orang Tua, kebudayaan masyarakat, pemerintaha,
agama, ekonomi, Dsb )
3. Hakikat Anak antara lain taraf perkembangan phisik / mental/psikologis / sosial serta cara
belajar anak
4. Hakikat Pengetahuan/disiplin ilmu (Bahan pembelajaran)

Prinsip Pengembangan Kurikulum

1. Berpusat pada potensi , kebutuhan dan perkembangan peserta didik
2. Beragam dan terpadu
3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, informasi dan seni
4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
5. Menyeluruh dan berkesinambungan
6. Belajar sepanjang hayat
7. Seimbang dengan kepentingan nasional dan daerah







2.2 ANALISI DATA SILABUS
SEMESTER I
Nama Sekolah            : MAN PASURUAN
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
           Kelas                           : XI
Semester                    : I
STANDAR KOMPETENSI
( SK )
KOMPETENSI DASAR
( KD )
MATERI PEMBELAJARAN
KELEMAHAN
KELEBIHAN
Mendengarkan
1.      Memahami berbagai informasi dari sambutan / wawancara.
1.1  Menemukan pokok – pokok isi sambutan / khotbah yang didengar.
Sambutan atau khotbah
·        Pokok – pokok isi sambutan
·        Ringkasan sambutan / khotbah
·        Siswa mengalami kesulitan dalam menanggapi ringkasan isi sambutan atau khotbah
·        Dalam menuliskan pokok pikiran isi sambutan siswa masih bingung menuliskan dalam bentuk kalimat 
·        Siswa dapat menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut kedalam bebagai kalimat.
·        Dapat menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah.

1.2  Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara.
Wawancara melalui radio dan televise
·        Isi pokok wawancara
·        Cara merangkum hasil wawancara
·        Siswa dalam menuliskan pokok-pokok pembicaraan yang dilakukan narasumber terlalu cepat

·        Dapat mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara.
·        Dapat merangkum seluruh isi seluruh pembicaraan dalam beberapa kalimat.
Berbicara
2.      Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan wawancara.
2.1  Menjelaskan secara lisan urutan topik tertentu dari hasil membaca.

Artikel / buku
·        Pokok - pokok isi artikel / buku
·        Hal – hal yang menarik dalam artikel / buku.
·        Siswa kesulitan dalam mencari referensi tentang unsur-unsur yang terkait dengan pembuatan artikel




                                                  

·        Siswa dapat mendata pokok-pokok isi artikel atau buku yang diperoleh dari hasil membaca.

2.2  Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu.
Dialog yang berupa tanya jawab
·        Daftar pertanyaan
·        Rangkuman hasil wawancara
·        Media yang digunakan dalam wawancara kurang memadai
·        Siswa dapat mencatat hasil wawancara topik tertentu
·        Dapat membuat rangkuman hasil wawancara dengan kalimat efektif
Membaca
3.      Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring.
3.1  Menentukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif.

Paragraf yang berpola deduktif dan induktif.
·        Kalimat utama
·        Kalimat penjelas
·        Kalimat kesimpulan
·        Ciri paragraf deduktif/induktif
·        Perbedaan deduktif dengan induktif
·        Siswa masih bingung antara kalimat utama, kalimat penjelas, kalimat kesimpulan, ciri paragraf deduktif/induktif, dan perbedaan deduktif dengan induktif
·        Dapat membedakan kalimat induktif dengan kalimat deduktif
·        Dapat mengindentifikasi ciri paragraf deduktif dan paragraf induktif
·        Dapat mengindentifikasi frase nominal dalam paragraf induktif dan deduktif

3.2  Membacakan berita dengan intonasi, lafal dan sikap membaca yang baik.
Naskah berita
·        Ciri-ciri naskah berita
·        Lafal
·        Tekanan
·        Intonasi
·        Jeda
·        Rangkuma isi berita
·        Dalam menentukan gagasan utama dalam paragraf serta menyusun kerangka berita yang akan di buatnya masih kebingungan dalam menentukan topiknya
·        Dapat membacakan naskah berita dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, kejelasan, ucapan, tatapan dan sikap membaca yang benar
·        Dapat membahas pembacaan berita yang dilakukan teman
Menulis
4.      Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dongeng, karangan ilmiah.
4.1  Menulis proposal untuk berbagai keperluan.
Contoh proposal
·        Unsur – unsur proposal
·        Siswa kesulitan dalam memahami tentang unsure-unsur yang terkaiat dengan proposal
·        Siswa dapat mengidenfikasi atau unsur-unsur atau unsure-unsurproposal
·        Siswa bias menulis proposaldengan keperluan


4.2  Menulis Surat Dagang dan Surat Kuasa.
Beberapa contoh surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
·        Ciri – ciri surat dagang dan surat kuasa
·        Unsur - unsursurat dgang dan kuasa
·        Siswa masih kesulitan untukmembedakan surat,niaga, surat perjanjian jaul-beli dan surat kuasa
·        Siswa dapat membedakan anatara, surat niaga, surat perjanjian jual-beli dan surat kuasa

4.3  Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kelas.
·        Contoh karya tulis dengan dilengkapi daftar pusaka dan catatan kaki
·        Unsur – unsur karya tulis
·        Daftar pustaka
·        Catatan kaki

·        Siswa kesulitan dalam menyusun kerangka karangan yang di peroleh nya pada saat penelitian

·        Siswa dapat mengembangkan kerangka karangan sesuai dengan topic yang diinginkan menjadi sebuah karya tulis
·        Siswa dapat menyuting karya tulis yang di lengkapai daftar pustaka dan catatan kaki karya sendiri atuau teman
Mendengarkan
5.      Memahami pementasan drama.
5.1  Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog dan konflik pada pementasan drama.
·        Rekaman drama
·        Peristiwa
·        Penokohan
·        Konflik
·        Amanat
·        Isi drama
·        Sisawa masih kesulitan dalam membedakan unsure-unsur intrinsic dan ekstrinsik dalam pementasan drama
·        Siswa dapat mengetau tokoh, peran, dan watak pada saat melihat pementasan drama
·        Siswa dapat dapat menentukan konflik dengan menunjukkan dengan data yang mendukung
·        Siswa dapat menentukan tema dan alasannya

5.2  Menganalisa pementasan drama berdasarkan teknik pementasan.
Pementasan drama
  • Gerak
  • Mimik
  • Bloking
  • Tata panggung
  • Tata busana
  • Tata bunyi
  • Tata lampu
  • Siswa masih kesulitan dalam membedakan  antara gerak dan action serta unsurunsur yang terkait dengan pementasan drama
·        Siswa dapat mengiderntifikasi pementasan drama brdasarkan gerak atau action para tokoh (mimic, pantomimic, gerak anggitatubuh,yang lain )
Berbicara
6.      Memerakan tokoh dalam pementasan drama.
6.1  Menyampaikan dialog disertai gerak – gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh.
Naskah drama
·        Gerak
·        Mimik
·        Blokcing
·        Tata panggung
·        Tata busana
·        Tata bunyi
  • Taa lampu

  • Siswa masih kebingunan dalam memahami drama yang yang diperankan oleh para tokoh-tokohnya
  • Siwa dapat menghayati wataktokoh yang akan diperankan
  • Siswa dapat menyaampaikan dialogdi sertai gerak-gerik dan mimic, sesuai denganwatak tokoh

6.2  Mengekspresikan perilaku dan dialog tokoh protagonis dan anteragonis.
  • NAskah drama
  • Penghayatan waak tokoh
  • TOkoh protagoni
  • Tokoh antagonis
  • Bagi siswa yang tidak suka membaca maka untuk mentukan unsure yang ada dalam naskah drama masih  kebingungan
  • Siswa dapat mengespresikan atau menceritakan perilaku dan dialaog tokah protagonist dan antagonis setelah melihat pementasan drama
Membaca
7.      Memahami berbagai hikayat, novel indonesia / novel terjemahan.
7.1  Menentukan unsur – unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat.
Teks hikayat
·        Ciri – ciri hikayat
·        Unsure-unsur intrinsic(alur,tema,penokohan,sudut pandang, latar,dan amanat )

  • Siswa masih binging untuk memahami unsure-unsur yang terkaitan denagan hikayat baik unsure intrinsic maupun unsure ekstrinsik
  • Siswa dapat mengidenfikasai ciri hikayat sebagai bentukkarya sastra drama
  • Siswa dapat menemukan unsy-unsur intrinsic(alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar,dan amanat)

7.2  Menganalisis unsur – unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia / terjemahan.
Novel Indonesia dan terjemahan
·        Unsure-unsur intrinsic(alur,tema,penokohan,sudut pandang, latar,dan amanat )
·        Unsyr ekstrinsik dalam novel terjemahan (nilai,budaya,sosialmoral,dll)
  • Siswa masih kesulitan untuk membandingkan unsure intrinsic dan ekstrinsik dalm novel terjemahan denga novelindonesia
  • Siswa dapat menganalisis unsure intrinsic dan ekstrinsik(alur,tema, penolohan,sudut psndang, latar, dan amanat) novel Indonesia

8.Mendengarkan
Memahami berbagai informasi dari sambutan atau khotbah dan wawancara
8.1 menemukan pokok-pokok isi sambutan atau khotbah
Sambutan atuakhotbah
  • Pokok-pokok isi sambutan
  • Ringkasan sambutan atau khotbah

  • Siswa masih bingung untuk menulis ringkasan setelah mendengar khotbah
  • Siswa  dapat mencatat pokok-pokok sambutan atau khotbah yang didengarkan
  • Siswa dapat menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah

8.2  Merangkuym isi pembicaraan dalam wawancara
Wawancara melalui radio atau televise
  • Isi pokok wawancara
  • Cara merangku hasil wawancara
  • Dalam menanggapi ( secara lisan) isirangkuman wawancara
  • Dalammenyampaikan (secara lisan) isi rngkuman pada orang lain


  • Siswa dapat pokok0pokok dalam wawancara : siapa yang mewawancarai dan siapa yang di wawancarai , serta apa isi pembicarannya
  • Siswa dapat menyampikan (secara lisan)isi rangkuman kepada orang lain


SEMESTER II
Nama Sekolah            : MAN PASURUAN
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas                           : IX
Semester                     : II


             
STANDAR KOMPETENSI
( SK )
KOMPETENSI DASAR
( KD )
MATERI PEMBELAJARAN
KELEMAHAN
KELEBIHAN
Mendengarkan
9.      Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar.
9.1     Merangkum isi pembicaran dalam suatu diskusi atau seminar.
Gagasan para pembicara diskusi
·        Pokok-pokok isi
·         rangkuman

·        Siswa kesulitnan dalam memahami pokok-pokok isi rangkuman dalam melakukan seminar atau diskusi
· Siswa  dapat merangkum seluru isi pembicaraan dalam benerapa kalimat
· Siswa dapat menanggapi yang dbuat teman

9.2  Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar.
Komentar para pembicara
  • Cara membicarakan komentar
Siswa kesulitan dalam  mengomentari pendapat seseorang dalam diskusi
Siswa dapat menanggapi pembicaraan dalam bentuk kritikan atau dukungan
Berbicara
10.  Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar.
10.1          Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.
Contoh hasil penelitian
  • Langkah-langkah penelitian
  • Syarat-syarat penelitian
  • Siswa kesulitan dalam dalam mendiskusikan hasil penelitian yang telah dipresantasikan :setuju apa tidak setuju dengan argument yang kuat
  • Siswa dapat menuliskan pokok-pokok yang disampaikan secara berurutan
  • Siswa dapat mengemukakan hasil ringkasan penelitian


10.2          Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian.

Tanggapan para pembicara
  • Cara-cara memberikan komentar

Siswa masih kesulitan mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian
Siswa dapat menanggapi kritik terhadap hasil penelitian
Siswa dapat mengemukakaan tanggapan yang mendukung hasil penelitian


Membaca
11.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca cepat dan membaca intensif

11.1 mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kata per menit




Teks terdiri atas 600 kata atau 900 kata
  • Teknikmembaca cepat
  • Fungsi membaca cepat
  • Rumus membaca cepat

Dalam mengungkapkan poko –pokok isi bacaan
Dalam menjawab secara benar 75 % dari seluruh pertanyaan yang tersedia

Siswa dapat membaca cepat kurang lebih 300 kata/ menit


11.2          Membedakan fakta dan opini pada editorial dengan membaca intensif.
Tajuk rencana atau editorial dalam surat kabar atau majalah
·        Fakata
·        Oponi

Dalam membandingkan fakta dan pendapat
Siswa dapat mengungkapkan isi tajuk rencana edtorial

Menulis
12.  Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman / ringkasan, notulen rapat, dan karya ilmiah.
12.1          Menulis rangkuman / ringkasan isi buku.
Ringkasan buku nonfiksi
Dalam mendiskusikan ringkasan untuk mendapatkan masukan dari teman
Siswa dapat mendaftar pokok –pokok pikiran yang sudah dibaca

12.1 Menulis notulen rapat sesuai dengan peta penulisannya.
Contoh notulen rapat
·        Unsure-unsur notulen
·        Pola notulen
Dalam perbedaan dan persamaan antara notulen rapat atau lebih
Siswa dapat menemukan pola penulisan secara lengkap


12.3          Menulis karya ilmiah seperti hasil pengamatan dan penelitian.

Beberapa karya tulis ilmiahhasi pengamatan atau penelitian
·        Unsure-unsur karya ilmiah

Mennentukan gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis berdasarkan pengamatan atau penelitian
Menyunting karya tulis sendiri atau karya teman

Siswa dapat menyusun kerangka karya tulis
Siswa dapat mendaftar hal –hal yang perlu ditulis, berdasarkan topk yang dipilih
13.  Mendengarkan
Memahami pembacaan cerpen
13.1 mengidentifikasi alur, penokohan, dan latar, dalam cerpen yang dibacakan

Cerpen yang dibacakan
·        Unsure-unsur cerpen(alur, penokoha, dan latar)
Mengidentifikasi unsur – unsur intrinsik dalam cerpen yang didengar
Mendiskusikan unsur – unsur intrinsik dalam cerpen
Siswa dapat mengidentifikasi alur penokohan, latar, cerpen yang didengar
Mendiskusikan alur, penokohan, dan latar cerpen

13.2 menemukan nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan
Cerpen yang dibacakan
·        Nilai-nilai (moral, budaya, social, agama)
Dalam menentukan nilai - nilai(moral, budaya, sosial)dalam cerpen
Dapat mendiskusikan nilai - nilai(moral, budaya, sosial)dalam cerpen
14.  Berbicara
Mengungkapkan wacana sastra dalam bentuk pementasan drama
14.1 mengekpresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama
 Teks drama
·        Penghayatan watak
·        Pengekspresian dialog

Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
Siswa dapat mengekspresikan diaolg para tokoh dalam pementasan drama
Dapat menanggapi penampilan dialog para tokoh dalam pementasan drama

14.2 menggunakan gerak-gerik , mimic, dan imtonasi, sesuai dengan watak tokoh dalam pementasa drama
Teks drama
·        Gerak-gerik
·        Mimic
·        Intonasi

Memerankan drama dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, nada/tekanan, mimik/ gerak gerik yang tepat sesuai dengan watak tokoh
Siswa dapat menanggapi peran yang ditampilkan dalam pementasan drama
15.  Membaca
Memahami buku biografi, novel, dan hikayat
15.1 mengungkapkan hal-hal yang menarik dan dapat diteladani dan tokoh
Buku biografi sastra(sesuai dengan daerah masing-masing)
·        Hal-hal yang menarik
·        Merefleksikan tokoh
Dalam mengungkapkan hal – hal yang menarik tokoh dalal buku biografi yang dibaca
Siswa dapat menemukan tokoh yang miip pada tokoh lain

15.2 membandaingkan unsure intrinsic dan ekstrtinsiknnovel Indonesia atau terjemahan
Dengamn hikayat
·        Cirri-ciri hikaya
·        Cirri-ciri novel Indonesia
·        Cirri-ciri novel terjemahan
·        Unsure-unsur hikayat
·        Unsurr-unsur novel
Dalam mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstinsik hikayat, novel indonesia dan terjemahan
Siswa dapat membandigkan unsur intrinsik dan ekstinsik hikayat, novel indonesia dan terjemahan
16.  Menulis
Menulis naskah drama

16.1 mendeskripsikan perilaku manusia mel;alui dialog naskah drama
Teks drama
·        Unsure-unsur drama(tema, penokohan, konflik
Dalam menulis teks drama denagn menggunakan bahasa yang sesuai untuk mendeskrhpsikan perilaku manusia melalui dialog, menghidupkan konflik, dan memunculka penampilan
Siswa dapat menulis naskah drama dengan baik

16.2 menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama
Teks drama unsur-unsur drama (tema, penokohan, konflik)
Menarasikan pengalaman sendiri dalam bentuk drama
Siswa dapat mendaftar pengalaman sendiri yang menarik






BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Kurikulum secara sederhana dapat diartikan Serangkaian acuan yang berisikan rencana, strategi, metode , Tujuan , isi dan bahan belajar yang dijadikan pedoman dalam penyelenggaran pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan.
Fungsi kurikulum adalah memberikan pedoman pada pelaksana pendidikan untuk merencanakan dan mengevaluasi kegiatan pendidikan sesuai dengan yang telah direncanakan dengan memperoleh hasil yang optimal.
Saran
Penulis mohon maaf apabila terdapat ketidaksempurnaan dalam penyusunan makalah ini. Maka dari itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan penyusunan makalah berikutnya.
           

BAB IV

DAFTAR PUSTAKA












0 komentar:

Posting Komentar